Keindahan Danau Linting Tak Kalah Menarik Seperti Danau Toba

Selain Danau Toba , Sumatera Utara juga memiliki paket tour Medan danau tobayang bernama Danau linting yang tidak kalah indahnya. Danau itu tidak setenar Danau Toba. Danau Linting bahkan telah dieksplorasi dalam beberapa tahun terakhir.

Semoga tetap semangat dalam kegiatan menuangkan ilmu dan berbagi informasi. Pada artikel ini ada beberapa ulasan tentang  Danau linting tersebut.

Bahkan tidak sepopuler Danau Toba, Danau Linting adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang layak dikunjungi. Danau Linting adalah danau vulkanik dengan ukuran sekitar 1 hektar dan mengandung sulfur sehingga air memiliki rona kehijauan.

Berhati-hatilah jika ingin berenang, karena danau yang terletak di Deli Serdang ini memiliki kedalaman lebih dari 100 meter.

Danau Linting terdiri dari desa-desa, yaitu Desa sibunga-bunga, Desa Gunung manumpak dan Desa Durian IV mbelang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda hulu, Kabupaten Deliserdang.

Jarak Tempuh Dari Medan

Untuk mencapai Danau Linting dibutuhkan 2 jam perjalanan atau 70 Km dari Medan, melalui Patumbak, Deli Serdang.

Sepanjang perjalanan ke danau Linting, akan ada deretan perkebunan kelapa sawit, karet dan kakao di sana-sini.

Danau ini mencakup area 1 hektar dengan rona berkilau biru kehijauan di air dengan air hangat penuh belerang dan tidak berbau.

Baca Juga ; Paket Wisata Medan Berastagi Singkat Padat 1 hari

Di tepi danau ada sejumlah kios dan tempat berteduh untuk beristirahat. Tidak ada informasi pasti tentang validitas kedalaman, dan itu membuat misteri tentang danau ini menjadi legenda urban.

Menurutsitus pariwisata Sumatera Utara , Danau Linting terletak di 3 desa sekaligus, yaitu desa Sibunga-Bunga, kemudian desa Gunung Manumpak dan desa Durian IV Mbelang, ketiganya berada di Kecamatan Sinembah, Tanjung Muda.

Lokasi Danau linting ini, ada tanda yang bertuliskan Danau linting. Pintu masuknya sedikit menanjak dan berbatu, Belum di puncak bukit, pengunjung yang ingin menikmati keindahan dan kesegaran danau akan dikenai biaya Rp. 5.000 rupiah per orang.

Keistimewaan Danau Linting

Itu terletak di air hijau pirus. Meski ukurannya jauh lebih kecil dari Danau Toba Danau Linting yang konon “tidak berdasar” Kedalamannya masih misterius tetapi tidak ada yang bisa mengukur kedalamannya, tetapi asalnya masih belum jelas.

Danau Linting, walaupun tergolong danau vulkanik karena mengandung belerang sehingga bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Danau Linting tidak berbau seperti danau vulkanik lainnya . Namun, jangan pernah mencicipi air dari danau ini, karena walaupun danau tersebut tidak berbau, tetapi air Danau Linting masih terasa belerang. Untuk luas Danau Linting lebih dari 1 hektar.

Aktivitas di Danau Linting

Danau Linting sangat cocok bagi anda yang ingin mencari suasana tenang. Dalam Paket wisata Medan, destinasi ini biasanya sebagai tour optional saja. Ada begitu banyak kegiatan yang bias anda dilakukan saat berwisata kedanau linting. Selain berenang di tepi danau sambil bersantai di bawah pohon rindang.

Tidak jarang pula lokasi ini berfungsi sebagai tempat relaksasi keluarga, lokasi foto pre-wedding dan rekreasi bersama rekan atau hanya untuk pacaran saja.

Danau ini memiliki air berwarna hijau kehijauan tidak hanya terlihat indah.Tetapi di sekitar Danau Linting rasanya sejuk dan indah karena di sekitar danau dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan subur.

Di sekitar danau, penduduk setempat menjajakan makanan dan minuman ringan dengan harga terjangkau. Anda juga bisa berbaik hati menawarkan tikar untuk disewa dengan harga Rp10 ribu-Rp20 ribu tergantung ukuran serta pondok untuk beristirahat senilai Rp25 ribu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat